Home Panduan BBN dan Mutasi Daerah

Panduan BBN dan Mutasi Daerah

Alur Proses Mutasi + Balik Nama kendaraan Keluar Daerah:

1.    Kita harus melihat kode wilayah yang terdaftar di nopol kendaraan. Yaitu 3 abjad terakhir yang menentukan kemana kita harus mengurus surat-surat kendaraan bermotor untuk proses mutasi daerah, apakah wilayah selatan, timur, barat atau utara.

 

2.    Persiapan dokumen yang diperlukan untuk proses mutasi dan balik nama:

a.    BPKB asli + fotocopy

b.    Kwitansi pembelian terakhir sesuai nama terakhir diatas materai, nama pembeli harus sama dengan nama tujuan balik nama. (asli+fotocopy)

c.    KTP asli + fotocopy untuk nama yang digunakan untuk balik nama.

d.    Surat kuasa jika yang bersangkutan berhalangan dan tanda tangan diatas materai.

e.    Fotocopy KTP yang diberikan kuasa pengurusan STNK dan BPKB.

f.     Siapkan dana secukupnya untuk proses cek fisik.

  

3.    Kita ambil contoh proses mutasi dari daerah Jakarta Selatan ke Tangerang.

  

4.    Pengurusan dokumen mutasi Jakarta Selatan, maka kita datang ke Polda di sekitar bilangan Semanggi.

 

5.   Bawa kendaraan langsung menuju bagian cek fisik, disana sudah ada petugas cek fisik berikut kertas cek fisik yang digunakan untuk menggesek no rangka dan no mesin. Disini kita beritahukan ke petugas bahwa kita mau mutasi keluar daerah. (Disini bisa ada keluar dana untuk kertas cek fisik dan tip petugas)

 

6.    Setelah cek fisik selesai, pindahkan kendaraan ke parkiran yang aman dan kita kembali ke bagian cek fisik untuk pengesahan dokumen cek fisik. (keluar biaya pengesahan dokumen)

 

7.    Lakukan pendaftaran mutasi daerah (dalam contoh disini adalah Gedung TMC-Polda), kita perlu mengisi formulir data wajib pajak dan data kendaraan. Dokumen yang diserahkan adalah BPKB asli+fotocopy, kwitansi asli, fotocopy KTP wajib pajak yang baru, dokumen hasil cek fisik yang telah disahkan. Kita akan diberikan tanda terima dokumen yang akan digunakan untuk pengambilan dokumen yang kita serahkan. Kita diminta kembali sekitar 1 minggu untuk pengambilan dokumen. (keluar biaya pendaftaran)

 

8.    Sampai disini kita kembali pulang ke rumah karena proses tahap pertama sudah selesai dan kembali lagi sesuai waktu yang ditentukan.

 

9.    Tahap kedua, kita datang untuk pengambilan dokumen di bagian penyerahan dengan memberikan surat tanda terima yang kita miliki.

 

10.  Setelah terima dokumen, maka kita ke bagian gedung Samsat di lantai 3 untuk pengurusan SKP, Jasa Rahaja, pembayaran Fiskal dan bagian Fiskal. (keluar biaya pengurusan dokumen Fiskal)

 

11.  Setelah dibagian Fiskal selesai, maka kita ke bagian arsip STNK yang berlokasi di basement untuk pengambilan berkas data kendaraan kita. Disini kita akan menerima berkas lengkap dari asal muasal kendaraan ini ada. Jika berkas dokumen faktur tidak ada di bagian arsip, umumnya pihak Polda akan memberikan surat pengantar sebagai pengganti dokumen tersebut.

 

12.  Selesai dari bagian arsip, maka tahap kedua sudah selesai dan kita tinggal melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu ke Samsat tujuan KTP pemilik yang baru di wilayah Tangerang.

 

13.  Pengurusan tahap ketiga diberikan batasan waktu selama 1 bulan dari pengeluaran dokumen fiskal.

 

14.  Di tempat pengurusan tahap ketiga di Samsat tujuan, yang perlu dilakukan pertama kali adalah melakukan legalisir cek fisik di bagian cek fisik. (keluar biaya legalisir)

 

15.  Setelah legalisir cek fisik, kita perlu fotocopy dokumen hasil cek fisik legalisir, kwitansi pembelian, KTP pemilik baru. Dokumen ini digunakan untuk keperluan penulisan BPKB yang baru sesuai KTP pemilik kendaraan.

 

16.  Setelah fotocopy dokumen, kita perlu ambil formulir mutasi ex luar daerah di bagian pengambilan formulir.

 

17.  Selesai pengisian formulir mutasi, kita melakukan pendaftaran BBN 1 ex luar daerah. (keluar biaya pendaftaran)

 

18.  Disini kita diminta menunggu 3 hari kerja untuk mendapatkan nomor polisi di wilayah yang baru, namun hal ini bisa kita persingkat dengan menanyakan apakah kita bisa minta langsung ke bagian Tata Usaha STNK untuk mendapatkan nomor polisi, jika bisa maka kita akan mendapatkan nomor polisi yang baru, jika tidak bisa maka kita menunggu 3 hari kerja atau sesuai jadwal yang ditentukan.

 

19.  Setelah mendapatkan nomor polisi yang baru, kita kembali ke loket pendaftaran BBN 1 ex luar daerah untuk diproses lebih lanjut.

 

20.  Setelah loket pendaftaran, maka kita menunggu untuk di loket panggilan untuk menerima kwitansi pajak kendaraan yang baru saja kita daftarkan.

 

21.  Lakukan pembayaran pajak sesuai nominal yang disebutkan dalam kwitansi wajib pajak.(keluar biaya pembayaran pajak)

 

22.  Setelah pembayaran pajak kita menunggu sebentar untuk panggilan berikutnya di loket STNK untuk mendapatkan STNK sesuai data pemilik baru.

 

23.  STNK yang baru ini baiknya difotocopy kembali untuk kelengkapan dokumen penulisan BPKB yang baru.

 

24.  Lalu kita menuju ke loket Plat Nomor untuk mendaftarkan dan mendapatkan Plat nomor baru.

 

25.  Sampai disini tahap ketiga telah selesai dan kita perlu melanjutkan ke tahap berikutnya di tahap ke empat yaitu penulisan BPKB baru.

 

26.  Tahap ke empat dilakukan kembali ke Polda, yaitu penulisan BPKB. Disini kita mendaftarkan kembali BPKB asli yang lama berikut dokumen fotocopy yang telah disiapkan sebelumnya dan kita akan menerima surat tanda terima dokumen. (keluar biaya pendaftaran dan penulisan BPKB baru)

 

27.  Langkah selanjutnya adalah menunggu hingga jadwal yang telah ditentukan untuk kembali lagi ke Polda untuk pengambilan BPKB baru.

 

Catatan:

·         Waktu yang dibutuhkan dari awal proses pengurusan mutasi hingga keluar STNK baru sekitar 10 hari.

·         Waktu penulisan BPKB baru sekitar 2 minggu sejak pendaftaran BPKB.

·         Proses ini terlihat dan terkesan lama, namun disini kita bisa berhemat biaya dan mengetahui alur kerja proses mutasi dan balik nama tanpa bantuan calo.

·         Besaran pajak kendaraan bermotor dan biaya pengeluaran selama pengurusan berbeda untuk setiap kendaraan.

 

 

AddThis Social Bookmark Button

Waktu Kunjung Anda

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

Powered By therelax.com

Ayat Suci Al-Quran

Pesan Hari Ini

Berbuat Baik pada Ibu-Bapak

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (17:23)

Sumber referensi : www.quran.com